Mengganti Power supply yg benar

Pasokan listrik yang juga dikenal dengan PSU atau power supply unit adalah yang memberikan kekuatan untuk komputer dan berbagai komponen nya. 
Sewaktu-waktu listrik bisa menjadi aus, terutama kipas. Jika kipas ini menjadi pelan atau gagal dijalankan, power supply dapat menjadi terlalu panas menyebabkan kerusakan baik pasokan dan komponen komputer. 

Power surge juga dapat menyebabkan kegagalan listrik. Dan jika kamu ingin menambahkan drive lebih banyak atau kipas ke sistem, kamu mungkin perlu power supply dengan volt lebih.

Mengganti power supply sebenarnya bukan pekerjaan sulit tapi mungkin buat kamu yang jarang atau baru pertama kali dalam membongkar komputer, tentunya ini jadi pekerjaan yang merepotkan. 

Nah coba ikutin petunjuk di bawah ini, petunjuk nya disertai gambar. Jadi lo bisa mengganti power supply dengan cepat yah walau dengan sedikit usaha sih.

Step 1
Pertama-tama siapkan alat-alat seperti pisau/cutter/gunting, dan obeng

Step 2
Matikan komputer dan buka casing komputermu dengan obeng

Step 3
Copot konektor power dari motherboard, hard dribe. Tetap sabar saat mencopot terkadang cukup susah untuk dilepas. Perlahan-lahan saja saat melepas

Step 4
Setelah dilepas semua konektor power, kamu bisa melepas power supply lama dengan obeng

Lepas perlahan-lahan karena kadang ada kabel yang nyangkut.

Step 5
Sekarang kamu bisa memasukkan PSU yang baru. Setelah itu pasang kembali pengaman PSU tersebut dengan obeng untuk mengamankannya dengan memasang mur tersebut kembali

Step 6
Langkah selanjutnya kamu bisa memasang kembali kabel konektor yang tadi dilepas


Pastikan semuanya telah terhubung ke seluruh device, setelah itu kamu bisa menutup kembali casing komputermu dan coba hidupkan komputermu.

Waduh ribet juga yah, saya pakai Dell Inspiron One 2310 sekitar setahun setiap hari masih cukup bagus power supply nya. Ini karena perawatan yang baik dan penggunaan nya yang sesuai dengan kapasitas si komputer.

Semoga info tadi berguna yah buat temen-temen semua. Saranku sesuaikan penggunaan komputermu dengan kebutuhannya dan selalu lakukan perawatan yang baik dan rutin supaya komputermu gak cepet rusak.




.................................................................................................................................................................



   Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehinggapower supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing. Berikut ini adalah langkah – langkah memasang power supply :

1. Pastikan kedudukan power supply sudah benar.


2. Masukkan power supply ke dalam casing, dengan kedudukan yang benar. Dan pastikan lubang screw
    power supply sejajar dengan lubang screw yang lain pada casing.


3. Pasang baut pada lubang screw.

4. Pasang connector ATX 20/24 pin ke motherboard.

5. Pasang connector ATX 4 pin 12 v ke motherboard.

6. Pasang power connector SATA (untuk harddisk SATA) 15 pin

7. Pasang power connector molex 4 pin.(Contoh : untuk DVD – ROM ).

8. Pasang power connector untuk FAN pada casing.

9. Masukkan kabel power pada power supply.

10. Bila kipas pada power supply berputar, berarti power supply berfungsi.


























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Software Apotek Obat Racikan Resep